Rabu, 30 Juli 2014

Tidur dengan Suasana Gelap Membuat Sehat

Kenapa harus gelap? Kenapa tidak boleh ada seredup apapun cahaya saat tidur? Nah, buat yang masih suka tidur “terang-terangan” wajib baca nii artikel!!
Larangan tidur dalam keadaan gelap bukan berarti tanpa dasar. Perintah ini sudah ada sejak zaman Rasul 14 ribu tahun yang lalu!! Sudah cukup lama sekali bukan? Sebuah hadist meriwayatkan: "PADAMKANLAH LAMPU di MALAM HARI APABILA KAMU AKAN TIDUR, Tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman" (HR. Bukhari dan Muslim)

Pandangan Biologi & Medis tidur dalam cahaya gelap erat hubungannya dengan sains dan kesehatannya. Semakin malam semakin gelap tubuh akan merasa lelah dan mengantuk. Wajarlah, karena sintesis dan sekresi hormon melatonin oleh kelenjar Pineal semakin meningkat. Seorang Biolog, Joan Roberts menemukan rahasia setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan tersebut diberi cahaya buatan pada malam hari, Melantonin nya(salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat) menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah.

Usut punya usut, cahaya lampu(include TV) menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Keadaan malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh. Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon Melantonin terhenti.
Walaupun dalam keadaan terlelap, sinar kecil akan tetap menembus dan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon si otak. Walaupun mata kita terpejam, tapi jika ada cahaya yang bersinar maka otak kita akan respect terhadap cahaya yang masuk tersebut. 

"Orang-orang yang bangun di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Kami percaya bahwa setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh, karena ini adalah mekanisme yang sensitif," ujar Dr Rachel Ben-Sclomo dari University of Haifa.
Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik saja, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker. Jika pada penelitian sebelumnya tidur malam dengan lampu terang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Maka pada penelitian terbaru ini menunjukkan paparan jangka pendek juga bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Setiap perintah dan larangan Rasul pasti bermanfaat bagi umatnya!

Naudzubillah,….. Hal kecil yang berimbas sangat mengerikan bukan? Masih berminat untuk tidur “terang-terangan” kawan?

0 komentar:

Posting Komentar