Selasa, 14 April 2015

Latihan Soal Kimia Kelas 12

1. Sebanyak 6 gram urea (Mr = 60) dicampur dengan 27 gram air (Mr = 18). Jika tekanan uap air pada suhu tersebut sama dengan 32 mmHg, maka tekanan uap jenuh larutan adalah….


(A) 30 mmHg
(B) 28 mmHg
(C) 26 mmHg
(D) 24 mmHg
(E) 22 mmHg


2. Sebanyak 45 gram glukosa (Mr = 180) dilarutkan ke dalam 100 gram air. Jika Kb air = 0,52 ◦C/molal, maka titik didih larutan glukosa tersebut adalah….


(A) 1,04 ◦C
(B) 1,3 ◦C
(C) 100,52 ◦C
(D) 101,04 ◦C
(E) 101,3 ◦C


3. Penurunan titik beku larutan 28 % berat KOH , Mr = 56, di mana Kf air 1,8 ◦C/m adalah….


(A) -25 ◦C
(B) -12,5 ◦C
(C) 12,5 ◦C
(D) 25 ◦C
(E) 50 ◦C


 4. Di antara kelima macam larutan di bawah ini yang titik didih larutannya paling rendah adalah….


(A) Na2CO3 0,04 m
(B) C6H12O6 0,08 m
(C) Mg(NO3)2 0,03 m
(D) CO(NH2)2 0,06 m
(E) CuSO4 0,04 m


5. Sebanyak 0,01 mol magnesium klorida dilarutkan ke dalam air sampai volume 500 ml. Jika harga derajat ionisasi = 0,8 tekanan osmotik larutan jika diukur pada suhu 27 ◦C dan harga R= 0,08 L.atm. Mol-1.K-1 adalah….


(A) 0,48 atm
(B) 0,864 atm
(C) 0,986 atm
(D) 1,248 atm
(E) 2,48 atm


6. reaksi redoks berikut:
aCr2O72- (aq) + bH+ (aq) + cCl- (aq) → dCr3+ (aq) + eH2O (l) + fCl2 (g)
mempunyai harga koefisien reaksi untuk a, b, dan c berturut-turut adalah...


(A) 1, 2, 4
(B) 2, 7, 6
(C) 1, 2, 2
(D) 1, 14, 2
(E) 1, 14, 6 


 7. Bila diketahui :
Ni + Fe2+ → Ni2+ + Fe       E◦ = - 0,19 volt
Al3+ + 3e → Al                   E◦ = - 1,66 volt
Fe2+ + 2e → Fe                  E◦ = - 0,44 volt           
maka potensial sel standar untuk reaksi:
2Al + 3Ni2+ → 2Al3+ + 3Ni, adalah ....


(A) + 0,91 volt
(B) + 1,41 volt
(C) + 1,91 volt
(D) + 2,57 volt
(E) + 4,07 volt 


8.  Dari data E◦ Cu = + 0,31 volt dan E◦ Zn = 0,76 volt, maka dapat dikatakan bahwa dalam keadaan standar ....
(A) Cu lebih mudah teroksidasi
(B) Logam Zn lebih mudah mengendap daripada logam Cu
(C) Dalam deret volta logam Zn terletak di sebelah kanan logam Cu
(D) Logam Zn lebih mudah larut menjadi ion Zn2+ dibandingkan dengan logam Cu
(E) Bagan sel voltanya dapat ditulis dengan Cu, Cu2+, Zn2+,Zn
9. Pada reaksi elektrolisis lelehan natrium bromida dengan menggunakan elekltroda karbon, reaksi yang terjadi di ruang katode, adalah ....


(A) 2H2O + 2e → 2OH- +H2
(B) 2H2O → 4H+ + O2 + 4e
(C) Na+ + e → Na
(D) 2Br- → Br2 + 2e
(E) C + O2 → CO2


 10. Ke dalam sel elektrolisis berisi larutan CrCl3 di alirkan arus listrik dengan kuat arus 193 A selama 300 detik. Massa logam krom (Ar Cr = 52) yang mengendap pada katode, adalah ...


(A) 20,8 g
(B) 15,6 g
(C) 10,4 g
(D) 5,2 g
(E) 2,6 g


 11. Jari-jari atom terbesar dari unsur-unsur gas mulia adalah ….


(A) Neon
(B) Argon
(C) Kripton
(D) Xenon
(E) Radon


12. Pernyataan berikut adalah sifat-sifat unsur golongan halogen, kecuali …
(A) Dapat membentuk garam dengan unsur logam
(B) Unsur bebasnya berbentuk molekul diatomic
(C) Titik didihnya dari atas ke bawah makin besar
(D) Mempunyai energi ionisasi lebih rendah dari gas mulia
(E) Sifat oksidatornya bertambah dari atas ke bawah
13. Unsur alkali dengan urutan Cs, Rb, K, Na, dan Li memiliki sifat berikut, kecuali ….


(A) Jari-jari atom makin kecil
(B) Energy ionisasi semakin kecil
(C) Massa jenis semakin kecil
(D) Nomor atom semakin kecil
(E) Massa atom semakin kecil


14. Hidroksida dari unsur periode ketiga yang paling bersifat asam adalah …


(A) NaOH
(B) Al(OH)3
(C) Si(OH)4
(D) Cl(OH)7
(E) P(OH)5


15. Waktu paro 210 Bi adalah 5 hari. Jika mula-mula disimpan beratnya 40 gram, maka setelah disimpan selama 15 hari beratnya berkurang sebanyak….


(A) 5 gram
(B) 15 gram                 
(C) 20 gram
(D) 30 gram
(E) 35 gram


16. Nama senyawa CH3-CH-CH2-CO-CH(CH3)2 adalah ...
                                         C2H5


(A) 2-etil-5-metil-3pentanon
(B) 2,6-dimetil-3-pentanon
(C) 3,6-dimetil-4-pentanon
(D) 2,5-dimetil-3-heptanon
(E) 1,1,4-trimetil-2-heksanon


17. Rumus struktur untuk 4,4– dimetil pentanal adalah ...


(A) CH3C(CH3)2CHO
(B) (CH3)3CCH2CHO
(C) (CH3)2CHCHO
(D) (CH3)2CHCH(CH3)CHO
(E) (CH3)3C(CH2)2CHO


18. Reaksi perubahan etanol menjadi etil klorida termasuk reaksi ….


(A) Adisi
(B) Substitusi
(C) Eliminasi
(D) Oksidasi
(E) Reduksi


19. Pasangan senyawa karbon di bawah ini yang merupakan isomer gugus fungsional adalah….


(A) metil etanoat dan propanol
(B) Etil metil eter dan metil etanoat
(C) Propanol dan etil metil eter
(D) Etil metil eter dan 2 propanon
(E) Propanol dan propanal


20. Senyawa organik dengan rumus molekul C4H8O2 mempunyai isomer sebanyak ….
(A) Tiga
(B) Empat
(C) Lima
(D) Enam
(E) Tujuh

Pasang Iklan

Mau pasang iklan produk Anda di Blog ini?
caranya gampang kok...
tinggal kirim iklan produk Anda ke email hendrathe17@yahoo.co.id
kemudian lakukan konfirmasi via sms 085747728654
biaya 10k per bulan atau bisa dalam bentuk pulsa.
gampang kan?
murah kan?
buruan pasang iklan Anda di Blog ini...

Les Privat Yogyakarta

Yuk gabung bersama kami di LES PRIVAT YOGYAKARTA.
Menerima peserta les privat SD/SMP/SMA. Biaya sangat terjangkau alias SUPER MURAH :-)
Boleh juga secara berkelompok.
info lebih lanjut hubungi: 085747728654 via sms, telpon ataupun whats app.
kami siap melayani Anda :-)

Minggu, 12 April 2015

WISHFUL WEDNESDAY






Ini pengalaman pertama ikutan wishful wednesday...
Buku yang aku incar kebetulan novel-novel dari Penerbit haru
1. Angels Of Morning Star Club


http://www.bukabuku.com/browses/product/9786027742451/angels-of-morning-star-club.html
kenapa aku pengen novel ini?
Karena novel ini memiliki banyak pesan kehidupan di dalamnya dengan berlatarkan kehidupan mantan napi yang sering dipandang sebelah mata. Aku sedang mencari novel dengan genre berbeda yang memiliki banyak pesan moral di dalamnya

2. The After-Dinnner Mystery



http://www.bukabuku.com/browses/product/9786027742291/the-after--dinner-mysteries.html
Karena aku penyuka cerita-cerita detektif semacam detektif conan, lima sekawan dan trio detektif. Nah... aku pengen mencoba sesuatu yang baru dimana tokohnya adalah orang kaya dan bukan anak-anak. Penasaran apakah novel detektif ini lebih keren dari novel detektif anak-anak.




Bagi yang tertarik mengikuti wishful wednesday kunjungi https://perpuskecil.wordpress.com/2015/04/08/wishful-wednesday-152-childrenya-lit-giveaway/


Rabu, 08 April 2015

Merangkai Kenangan

            Johan berkali-kali membolak-balik buku-buku di rak buku milik mamanya, tetapi benda itu tidak ada. Johan sampai menghela napas pasrah karena tak menemukannya juga.
            “Ketemu, Re?” tanya Johan ketika Rere, adiknya masuk ke kamar mama.
            Rere menggeleng,”Aku bingung, mas. Mama nyimpen dimana sih buku diary-nya.”
            Johan hanya terdiam sambil sibuk memikirkan sesuatu. Kedua kakak-beradik itu sedang mencari diary milik mamanya yang ditulis sejak mama keduanya kecil. Diary tersebut sangat dibutuhkan saat ini. Mama mereka saat ini sedang terbaring lemah di rumah sakit karena menderita penyakit jantung. Lalu untuk apa buku diary itu? Kartika, mama mereka menderita penyakit Alzheimer sehingga memori dalam otaknya ada yang terlupakan. Kadang mama mereka salah memangil nama anaknya, yang paling membuat mereka miris adalah kenyataan bahwa mamanya melupakan kenangan tentang papa mereka yang telah meninggal lima tahun lalu. Penyakit Alzheimer yang diderita mamanya baru dua bulan ini memberikan dampak besar. Mereka pun berinisiatif meletakkan foto keluarga di ruang rawat mamanya.
            Johan sering sekali melihat mamanya menangis sambil memandang foto keluarga tersebut. Ia tahu mamanya sangat ingin mengingat kenangan tentang keluarganya terlebih kenangan akan sosok papa.
            “Mas, aku pergi ke rumah sakit dulu ya.” Ucap Rere.
            Sepeninggal Rere, rumah terasa sepi. Johan kembali mengingat percakapannya dengan mamanya beberapa tahun yang lalu. Dia yakin sekali mamanya memiliki buku harian. Mamanya bahkan pernah bilang dimana tempat favorit menaruh buku harian tersebut untuk menghindari papa membaca isinya karena isi buku harian tersebut semua tentang papa. Buku harian tersebut akan membantu mamanya mengenal papa walau kemungkinan untuk mengingatnya kecil.
            Ting tong
            Johan membukakan pintu rumahnya dan disambut oleh pak pos.
            “Ada paket untuk mas Johan,” ucap pak pos yang berumur 20 tahunan itu.
            Johan menerima paket itu tanpa banyak bicara. Dia berdiri sebentar di ambang pintu untuk melihat langit sore 8 April yang mendung.
            “8 april tahun lalu juga mendung seperti ini, yang berbeda adalah mama. Sungguh tahun 2015 yang berat.” Gumam Johan.
            Johan membuka isi Paket tersebut. Nama pengirimnya sama dengan mamanya, Kartika tetapi alamatnya berbeda. Johan seperti pernah mengetahuo alamat pengirim itu.
            “Sebuah vas?” tanya Johan bingung. Di dalam vas itu terdapat sebuah surat.
            “Kembalikan aku ke masa lalu,” ucap Johan membaca surat itu. Usai mengucapkannya, Johan merasakan pusing hebat dan pandangannya mulai kabur. Lima menit kemudian pandangannya kembali normal, tetapi yang di depan Johan sekarang bukanlah rumahnya melainkan sebuah sekolah.
            “Mas siapa?” tanya seorang siswa yang tiba-tiba berdiri di depan Johan.
            “Guru baru ya mas?” tanya siswa itu sekali lagi.
            “Mas, tidak sakit kan?” tanya siswa itu lagi.
            Johan memandang siswa itu dari atas ke bawah dan menyadari sesuatu, siswa itu mirip dengan seseorang.
            “Nama mas siapa? “ Tanya siswa itu tidak kekurangan akal.
            “Johan,” jawab Johan singkat.
            “Wah, nama kita sedikit mirip. Aku Joni.” Ucap siswa itu sampil memperlihatkan papan nama di dadanya. Johan membaca nama lengkap siswa itu.
            “Papa,” ucap Johan spontan. Nama siswa itu sama dengan nama papanya karena itulah Johan merasa mengenal wajah siswa itu.
            “Apa mas?” tanya siswa itu.
            “Aku pergi dulu ya mas,” ucap siswa bernama Joni itu ketika segerombolan temannya memanggil.
            Johan terdiam. Dia sekarang sudah berada di masa lalu, hanya itulah yang diketahuinya.
            “Johan, kamu udah di sini?” tanya seorang siswi cantik bernama Kartika, Johan sangat yakin orang itu adalah mamanya.
            “Bagaimana kamu tahu?”
            “Vas yang aku kirim,” Jawab Kartika dengan senyum mengembang.
            Kartika mengulurkan tangannya pada Johan,”Bantu aku merangkai kenangan.”
            Johan tak mengerti maksud Kartika, tetapi gadis ittu tiba-tiba mengeluarkan sebuah buku harian dan mengulurkannya pada Johan.
            “Ini buku harian yang aku cari,” ucap Johan setengah tak percaya karena mamanya pernah menunjukkan buku harian itu pada Johan.

            “Aku mohon, bantulah aku merangkai kenangan ini,” ucap Kartika dengan wajah memelas. 

Jumat, 03 April 2015

Why? Karena intertwine...

Mengapa aku ingin mendapatkan novel Intertwine???
Mau jawaban yang jujur atau bohong nih??? hehehehe
Aku jawab yang jujur aja ya kak, alasanku ikutan lomba ini dan kenapa ingin mendapatkanya karena
  1. Lagi tidak ada uang untuk membeli, walaupun ini tanggal muda yang namanya anak kosan tetep aja uangnya pas-pasan apalagi untuk keperluan tugas akhir, banyak banget... *maaf jadi curhat. Nah, ketika tahu ada yang gratisan buru-buru ikutan lumayan untuk menghemat. Siapapun pasti suka yang gratisan hehehe
  2. Aku suka novel romance, karena novel ini genrenya ada romance-nya makanya bikin penasaran apalgi punya kak Orizuka. Aku pernah baca novel-nya kak Orizuka yang fate gara-gara gak tahu arti "Johae-johaeyo" makanya "someone" nyuruh aku baca novelnya. itu pengalaman pertama baca novel juga. 
  3. Setahuku "Someone" suka sekali novel Orizuka dan aku sering diminta nemenin bole novel jadi tahu deh seleranya dia, kalau dapat novel ini kan kita bisa baca bareng atau malah tak kasihin ke dia aja.
  4. Novel ini ada tema tentang pernikahannya jadi penasaran apalagi untuk anak-anak semester atas yang bentar lagi mau lulus *uhukkk tinggal milih mau nikah dulu atau kerja. Bisa jadi inspirasi nih buat yg memikirkan tentang pernikahan.
  5. novel-novel dri penerbit haru tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kalo Haru mengeluarkan novel baru pasti ceritanya bagus. Mau cover,judul, cerita, penulis semuanya suka apalagi novel ini yg penulisnya lokal
Lima aja ya kak alesanku yang sejujur-jurnya pengen dapet novel ini terima kasih
Aku izin pasang banner ya kak siapa tahu ada pengunjung blogku yang juga ingin ikutan.

Sabtu, 21 Februari 2015

Ally-All These Lives (Arleen A)

Kehidupan Ally layak untuk dinikmati dan dibaca secara utuh, apalagi bagi penikmat novel misteri dan penuh teka-teki seperti Ally ini. Ketakutan Ally tentang keadaannya yang aneh mampu menyadarkan kita bahwa kita-pun juga punya ketakutan-ketakutan yang kadang sulit untuk dibagi ke orang lain. Ketakutan Ally cukup berasalan karena dunianya berubah karena suatu hal yang dianggapnya"mimpi". Selamat datang di kehidupan Ally yang penuh misteri dan simpati ini.