Kamis, 13 Oktober 2016

Tugas TPK

1.      Pengertian dan karakteristik
a.       Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang menjadi buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk tujuan intruksional, dilengkapi sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami di sekolah atau perguruan tinggi untuk menunjang program pengajaran. Karakteristiknya adalah (1) memiliki landasan keilmuan yang jelas dan mutakhir; (2) berisi materi yang memadai, bervariasi, mudah dibaca, dan sesuai dengan kebutuhan siswa; (3) disajikan secara sistematis dan logis; (4) meningkatkan minat siswa untuk belajar; (5) berisi materi yang membantu siswa untuk memecahkan masalah keseharian; (6) memuat materi refleksi dan evaluasi diri untuk mengukur kompetensi yang dipelajari.
b.      Modul adalah bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik , modul juga diartikan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Karakteristiknya: (1) mampu membelajarkan diri sendiri(self instructional); (2) seluruh materi dari satu kompetensi terdapat dalam satu modul(self contained); (3) modul tidak harus digunakan bersama dengan media pembelajaran yang lain(stand alone  ); (4) modul memiliki daya adaptif tinggi terhadap perubahan ilmu dan teknologi(adaptive); (5) modul bersahabat dengan pemakainya(user friendly).
c.       Handout adalah uraian bahan ajar yang ada dalam kurikulum atau persiapan mengajar (GBPP/silabus, SAP/RPP), bisa berupa ringkasan dari bahan terurai yang ada dalam buku teks. Karakteristiknya adalah (1) padat informasi; (2) dapat memberikan kerangka pemikiran yang lebih utuh memuat; (3) disajikan dalam bentuk pernyataan dan diagram.
d.      LKPD adalah panduan peserta didik yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. LKPD dapat berupa panduan latihan pengembangan aspek kognitif ataupun panduan eksperimen atau demonstrasi. Karakteristik LKPD: (1) memiliki soal-soal yang harus dikerjakan siswa, dan kegiatan-kegitan seperti percobaan yang harus siswa lakukan: (2) merupakan bahan ajar cetak; (3) materi yang disajikan berupa rangkuman tetapi sudah mencakup apa yang akan dikerjakan atau dilakukan oleh peserta didik. 4) memiliki komponen-komponen seperti kata pengantar, pendahuluan, daftar isi, dll.
e.       Ensiklopedia adalah buku yang menjelaskan pengertian yang ada pada ilmu pengetahuan, seni, atau cabang ilmu lainnyake dalam sebuah buku menurut susunan abjad yang terurai dalam edisi atau jilid. Karakteristik ensiklopedia: (1) adanya artikel (topik), sub topik; (2) adanya definisi artikel dan diikuti penjelasan umum; (3) adanya rujukan silang; (4) disusun dan disajikan secara alfabet; (5) adanya indeks.
f.       Buku pengayaan diartikan sebagai buku yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan ipteks dan keterampilan; membentuk kepribadian peserta didik, pendidik, pengelola pendidikan, dan masyarakat lainnya. Karakteristiknya: (1)materi dapat bersifat kenyataan atau rekaan; (2)pengembangan materi tidak terkait langsung dengan kurikulum atau kerangka dasarnya; (3) materi disajikan secara popular atau teknik lain yang inovatif; (4) penyajian materi daat berupa deskripsi, eksposisi, argumentasi, narasi, gambar,dll ; (5) penggunaan media bahasa atau gambar secara inovatif dan kreatif.
2.      Edgar Dale mengadakan klasifikasi menurut tingkat dari yang paling konkret sampai yang paling abstrak. Klasifikasi tersebut dikenal dengan kerucut pengalaman dari Edgar Dale dan dianut secara luas dalam menentukan media, alat bantu serta alat peraga yang paling sesuai untuk pengalaman belajar secara mudah. Kerucut pengalaman memberikan gambaran bahwa pengalaman belajar dapat melalui proses perbuatan atau mengalami sendiri apa yang dipelajari, proses mengamati, dan mendengarkan melalui media tertentu dan proses mendengarkan melalui bahasa. Semakin konkret kita mempelajari bahan pengajaran, contohnya melalui pengalaman langsung, maka semakin banyaklah pengalaman yang diperolehnya. Sebaliknya semakin abstrak kita memperoleh pengalaman, contohnya hanya mengandalkan bahasa verbal, maka semakin sedikit pengalaman yang diperoleh.





                                                                                                                               konkret


3.      Media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri siswa. Sedangkan Sumber belajar adalah segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Sumber belajar memiliki cakupan yang lebih luas daripada media pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik dan lingkungan.

1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And getting it set up is as simple as 1 . 2 . 3!

    Here is how it all works...

    STEP 1. Choose which affiliate products the system will promote
    STEP 2. Add some PUSH button traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system grow your list and upsell your affiliate products all on it's own!

    Do you want to start making profits???

    Click here to check it out

    BalasHapus