Jumat, 20 September 2013

Manejemen Peserta Didik

Banyak sekali definisi manajmeen itu sendiri, beberapa tokoh yang mendefinisikan menejemen yaitu:
1.    Sahertian (1982), berpendapat bahwa manajemen merupakan terjemahan kata management yang berasal dari kata manage atau magiare yang memiliki arti melatih kuda dalam melangkahkan kakinya. Manajemen memiliki dua makan yaitu kegiatan pikir (Mind) dan kegiatan tindak laku (Action).
2.    Terry (1953), manajemen sebagai pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui usaha orang lain (Management is the accomplishing of the predertemined objective throug the effort of other people).
3.    Siagian (1978), manajemen sebagai kemampuan atau keterampilan untuk emmperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan.
4.    The Liang Gie (1978), manajemen sebagai segenap perbuatan yang menggerakkan sekelompok orang atau mengarahkan segala fasilitas dalam suatu usaha untuk mencapai tujuan.
          Sehingga dapat disimpulkan, bahwa manajemen merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh dua orang atau lebih dengan peraturan yang ditentukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama (Imron, 2011: 4).
          Sedangkan untuk peserta didik, menurut ketentuan umum Undang-Undang RI tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah anggota masyarakat yang berusaha mengeksplor dirinya melalui suatu proses pendidikan pada jalur, jenjang maupun jenis pendidikan tertentu. Sebutan untuk peserta didik juga berbeda-beda, seperti:
a.       Pasal 1 Peraturan Pemerintahan RI No. 27 Tahun 1990, pada TK disebut dengan anak didik.
b.      Pasal 1 Peraturan Pemerintahan RI No. 28 dan No. 29 Tahun 1990, pendidikan dasar dan menengah disebut siswa.
c.       Pasal 1 Peraturan Pemerintahan RI No. 30 Tahun 1990, pada perguruan tinggi disebut mahasiswa.

Oleh karena itu, pengertian manajemen peserta didik yaitu usaha pengaturan yang ditujukan secara khusus terhadap peserta didik yang berkaitan dengan kegiatan proses belajar dan beraktivitas dari pertama masuk sekolah sampai lulus (Imron, 2011 : 6).

0 komentar:

Posting Komentar