Rabu, 12 Agustus 2015

Teknologi Pembelajaran Kimia III

Perencanaan desain proses Pembelajaran KIMIA

Oleh: Asih Widi W, M.Pd
Kuliah Teknologi Pembelajaran Kimia

Desain pembelajaran kimia yang ditawarkan dalam artikel ini secara teoritis dilandasi oleh konsep tentang pembelajaran kimia dan pedagogi kimia dalam hal ini meliputi Hakikat kimia, teori belajar kimia, dan model-model pembelajaran kimia.
Penyiapan strategi dan kondisi pembelajaran kimia serta media dan sumber belajar kimia, menuntut penyesuaian antara presentasi atau penyajian bahan ajar kimia dengan kebutuhan belajar peserta didik. Sinkronisasi keduanya akan dapat memberikan pengalaman belajar  yang dapat membantu peserta didik memahami pengetahuan kimia dengan baik dan benar. Optimalisasi pemberian pengalaman belajar memperhitungkan teori-teori belajar oleh ahli psikologi untuk mengetahui karakteristik peserta didik dan prakonsepsinya, classroom management dalam bentuk model pembelajaran yang sesuai dengan materi kimia, karakteristik materi kimia yang akan diajarkan serta efek pengiring (nurturant effect) dan efek pembelajaran (instructional effect) dalam membentuk karakter peserta didik.
Menurut Gagne (1992), Instructional system design is the systematic process of planning instructional systems, and instructional development is the process of implementing the plans. Desain proses pembelajaran kimia ditata sebagai sebuah sistem pembelajaran yang berdasarkan tujuan  yang telah direncanakan. Proses penataan sistem pembelajaran dalam suatu model pembelajaran konsep kimia akan berbeda dengan konsep yang lain. Pendekatan dalam merancang proses pembelajaran kimia yang di adaptasi dari Dick and Carey dapat dilihat pada gambar 1.2.
Desain sistem pembelajaran yang diberikan dalam artikel ini sebagai acuan seorang guru kimia dalam melaksanakan proses pembelajaran. Fungsi sebagai acuan disini berarti membuka kesempatan seluas-luasnya bagi guru-guru kimia untuk pengembangan desain instruksional lebih lanjut. Hal ini berpedoman bahwa seorang guru mempunyai karakteristik tertentu dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran serta karakteristik peserta didik yang beragam.
Perencanaan desain pembelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2013 akan sedikit berbeda dengan pelaksaan kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan pola pembelajaran yang telah ada.

 Menurut Permen No 69 Tahun 2013 Tentang Kurikulum SMA-MA terdapat penyempurnaan pada aspek:
1.      Paradigma teacher center menjadi student center;
2.      pola pembelajaran satu arah (Guru ke peserta didik) menjadi pola pembelajaran interaktif (Guru, peserta didik, masyarakat, lingkungan alam, dan sumber belajar yang lain);
3.      pola pembelajaran terisolasi (di kelas) menjadi pembelajaran jejaring (peserta didik dapat belajar dari siapa saja dan dimana saja);
4.      pola pembelajaran pasif menjadi aktif (aktif mencari atau inquiry/ attaining concept);
5.      pola belajar sendiri menjadi kelompok (berbasis tim);
6.      pola pembelajaran alat tunggal menjadi pola pembelajaran berbasis multimedia;
7.      Pola pembelajaran berbasis massal menjadi menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki oleh setiap peserta didik;
8.      pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (Monodisclipline) menjadi ilmu pengetahuan jamak (Mulitidisciplines);
9.      pola pembelajaran pasif manjadi pembelajaran kritis.
Penyempurnaan dalam kurikulum 2013 merupakan acuan yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seorang guru kimia SMA dalam merencanakan pembelajaran kimia.

Tugas: Buatlah skema rancangan desain pembelajaran kimia (materi kimia kelas X)









Identifikasi Tujuan Pembelajaran kimia
Analisis Langkah-langkah proses Pembelajaran kimia
Identifikasi karakteristik awal peserta didik
Menulis unjuk kerja peserta didik secara objektif
Pengembangan kategori, Referensi, aitem asesmen


Pengembangan strategi  dan media pembelajaran kimia
Pengembangan dan pemilihan materi pembelajaran kimia
Desain dan langkah-langkah asesmen formatif
Desain dan langkah-langkah asesmen sumatif
Perbaikan Pemb. kimia
 






















Gambar 1.2.  Pengembangan suatu Sistem Desain Pembelajaran Kimia
(Adaptasi dari W.Dick & I.Carey)
Daftar Pertanyaan Untuk Kelompok
1.      Apakah landasan teoritis yang digunakan untuk menyusun desain pembelajaran kimia?
2.      Bagaimana merencanakan strategi pembelajaran dan media atau sumber belajar  kimia?
3.      Jelaskan pengertian  Instructional system design menurut Gagne?
4.      Bagaimana perencanaan pembelajaran kimia menurut kurikulum 2013?
5.      Jelaskan skema sistem desain pembelajaran menurut Dick and Carey?





0 komentar:

Posting Komentar