Rabu, 12 Agustus 2015

Sifat-sifat Senyawa Organik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sifat-Sifat Senyawa Organik berdasarkan Gugus Fungsi dan Senyawa Makromolekul
Nama Sekolah           : SMA Negeri Kalijaga
Mata Pelajaran          : KIMIA
Kelas/ Semester         : X/2
                                             Alokasi Waktu           : 40 menit

       I.            STANDAR KOMPETENSI
4.   Memahami sifat-sifat senyawa organik berdasarkan gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
    II.            KOMPETENSI DASAR
4.2      Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
 III.            TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
2.      Memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
3.      Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
4.      Menentukan isomer dari senyawa hidrokarbon.
 IV.            INDIKATOR
1.    Peserta didik mampu mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
2.    Peserta didik mampu memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
3.    Peserta didik mampu menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
4.    Peserta didik mampu menentukan isomer dari senyawa hidrokarbon.
    V.            MATERI PEMBELAJARAN
o  Hidrokarbon Alkana, alkena dan alkuna
o  Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
o  Isomer Reaksi senyawa karbon
 VI.            MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, PEMBELAJARAN
a.       Model                          : Cooperatife Learning
b.      Pendekatan                 : Student Centered Approach
c.       Strategi                        : Group Learning
d.      Media                          : Ular Tangga Kimia
VII.              LANGKAH-LANGAKAH PEMBELAJARAN
Tahapan Kegiatan
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Kegiatan Awal
1.    Pendidik mengucapkan salam.
2.    Pendidik melakukan presensi peserta didik.


3.    Menyampaikan apersepsi materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya :
 Pendidik mengawali pelajaran dengan memberikan pertanyaan : “Apa yang dimaksud dengan senyawa hidrokarbon? Lalu bagaimanakah kekhasan atom karbon?”













4.      Pendidik memberikan motivasi tentang kegunaan mempelajari materi yang akan disampaikan dalam kehidupan sehari-hari.
Misalnya: Kegunaan hidrokarbon pada bahan bangunan, senyawa hidrokarbon tersebut umumnya berupa plastik. Dari bahan plastik inilah kemudian menjadi beragai macam bahan, mulai dari atap rumah (genteng plastik), furniture, peralatan interior rumah, bemper mobil, meja, kursi, piring, dll.
5.      Pendidik menjelaskan bahwa pertemuan kali ini akan ada pembagian kelompok diskusi. Oleh karena itu peserta didik harus mencatat pokok-pokok ulasan materi yang akan disampaikan pendidik mengenai penggolongan senyawa hidrokarbon dan isomer.

1.    Peserta didik menjawab salam.
2.    Peserta didik mengacungkan tangan ketika dipanggil (disiplin).
3.    Peserta didik mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan dengan percaya diri, “Saya bu, senyawa hidrokarbon adalah senyawa karbon yang paling sederhana, sedangkan kekhasan atom karbon adalah  mempunyai kemampuan membentuk 4 ikatan kovalen yang kuat, dapat membentuk ikatan antarkarbon yang dapat berupa ikatan tunggal, rangkap dua atau rangkap tiga, serta dapat membentuk rantai lurus, bercabang ataupun melingkar (siklik).
4.    Peserta didik termotivasi dan tertarik dengan motivasi yang diberikan oleh pendidik mengenai kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.








5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik mengenai penggolongan senyawa hidrokarbon dan jenis isomernya dengan antusias.
10 menit
Kegiatan Inti
1.  Pendidik menjelaskan materi singkat mengenai penggolongan senyawa hidrokarbon berdasarkan struktur dan kejenuhannya.
2.      Pendidik menjelaskan isomer senyawa hidrokarbon.

3.      Memberi penjelasan tentang kelompok permainan ular tangga yang akan dilakukan:
Ø Kelompok permaianan dibagi menjadi 4 kelompok.
Ø Pendidik pembagi peserta didik menjadi 4 kelompok.
Ø Pendidik membagikan Lembar materi pada setiap kelompok.
Ø Pendidik memberitahukan peraturan permaiann ular tangga.
4.      Pendidik memulai permaianan ular tangga
5.      Pendidik membimbing  dan mengawasi jalannya permaian.

6.      Pendidik menyimpulkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan ini bersama peserta didik.

1.    Peserta didik mencatat hal-hal yang dianggap penting.



2.  peserta didik memperhatikan penjelasan dari pendidik dengan seksama.
3.  Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik dengan antusias serta mengelompok sesuai kelompok masing-masing dengan semangat. Serta, peserta didik bertanya jika belum jelas.







4.  Peserta didik memulai melakukan permainan.
5.  Peserta didik melakukan permainan dengan semangat.

6.  Peserta didik mendengarkan serta mencatat hal-hal yang penting.
25 menit
Kegiatan Akhir
1.      Pendidik memberikan penghargaan bagi kelompok yang memenangkan permainan serta menjawab pertanyaan dengan benar.
2.  Pendidik menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai proses pembentukan dan teknilk pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
3.  Pendidik menutup proses pembelajaran dan mengucapkan salam

1. Peserta didik menerima penghargaan dengan rasa bangga.



2. Peserta didik memperhatikan instruksi dari pendidik dengan seksama.





3. Peserta didik menjawab salam dan bersiap untuk pelajaran selanjutnya dengan semangat
5 menit

VIII.            ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Alat Pembelajaran
a.       Lembar Materi
b.      Papan tulis
c.       Spidol
d.      Ular tangga
e.       Dadu
f.       Kartu soal
2.      Sumber Pembelajaran
Purba, Michael. 2007. KIMIA untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
 IX.            Lampiran
1.      Materi
2.      Soal.
3.      Peraturan permainan Ular Tangga.

Yogyakarta, 21 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Sunan Kalijaga                                                  Guru Mata Pelajaran



Jamil Suprihatiningrum, S.Pd. M.Si.                                       Mur Madyatsih C. R. S.
NIP :                                                                                          NIM:


0 komentar:

Posting Komentar