RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Sunan Kalijaga
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Kimia
Materi : Ikatan Kimia (Ikatan
Ion dan Ikatan Kovalen)
Alokasi
Waktu : 1 x pertemuan (20
menit)
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1
Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat
keputusan.
3.5
Membandingkan
proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan
ikatan logam serta interaksi
antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Indikator Kognitif
a.
Menjelaskan
proses pembentukan ikatan ion dan ikatan
kovalen.
b.
Membedakan ikatan ion dan ikatan kovalen.
c. Menganalisis unsur-unsur yang dapat membentuk ikatan
ion dan ikatan kovalen.
2. Indikator Afektif
a.
Menghargai
pendapat orang lain dalam forum
(diskusi).
b.
Mengemukakan pendapat dalam
forum (diskusi).
c.
Mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Tujuan Kognitif
a.
Peserta didik
mampu menjelaskan pengertian ikatan ion dan ikatan kovalen setelah melihat video yang ditampilkan.
b.
Peserta didik
mampu menjelaskan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dengan menggunakan konsep kestabilan unsur.
c.
Peserta didik mampu menentukan unsur-unsur manakah
yang akan membentuk ikatan ion dan ikatan kovalen, dengan diberikan permasalahan mengenai ikatan kimia.
d.
Peserta didik
dapat membedakan ikatan ion dan ikatan kovalen, dengan diberikan permasalahan mengenai ikatan kimia.
2. Tujuan Afektif
Peserta didik dapat bekerjasama dan berdiskusi
dengan baik dalam forum (kelompok).
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Terlampir
F. KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK YANG DIHARAPKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
1.
Karakter peserta
didik yang diharapkan:
Jujur,
Rasa ingin tahu, Teliti,
dan Bertanggung jawab.
2. Kewirausahaan / Ekonomi kreatif:
Percaya
diri, berorientasi tugas dan hasil
G.
MODEL,
PENDEKATAN, STRATEGI, METODE PEMBELAJARAN
Model :
Direct Instruction
Pedekatan :
Teacher Centered Approach
Strategi : Induktif
Metode :
Ceramah dan tanya jawab
H. LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
awal:
·
Salam
pembuka
·
Mempresensi peserta didik
·
Apersepsi
|
Kegiatan
awal:
·
Menjawab
salam
·
Mengacungkan jari telunjuk
·
Apersepsi
|
5 menit
|
Kegiatan
Inti:
Mengamati (Observing)
Meminta
peserta didik mengamati video flash yang berkaitan dengan ikatan ion dan
ikatan kovalen.
Menanya
(Questioning)
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
bertanya terkait video flash yang ditampilkan.
Mengasosiasi
(Associating):
Meminta peserta didik
untuk menganalisis soal yang diberikan di depan kelas.
Mengumpulkan Data (Experimenting):
Meminta peserta didik
untuk mengumpulkan data yang dapat membantu dalam menyelesaikan soal.
Mengkomunikasikan (Communicating):
Meminta peserta didik
untuk mengerjakan soal di depan kelas.
|
Kegiatan
Inti:
Mengamati (Observing)
Mengamati
videoflash yang berkaitan dengan ikatan ion dan ikatan kovalen.
Menanya (Questioning)
Bertanya kepada guru terkait
video flash yang ditampilkan.
Mengasosiasi (Associating):
Mencoba menganalisis
soal yang telah diberikan.
Mengumpulkan Data (Experimenting):
Mengumpulkan data untuk menyelesaikan soal yang
diberikan.
Mengkomunikasikan (Communicating):
Mengerjakan soal di
depan kelas.
|
12 menit
|
Kegiatan
Akhir:
·
Menyampaikan kesimpulan mengenai perbedaan ikatan ion dan ikatan
kovalen bersama peserta didik.
·
Menyuruh peserta didik mengerjakan latihan soal di LKS yang berkaitan
dengan ikatan ion dan ikatan kovalen, dan dikumpulkan pada pertemuan
selanjutnya.
·
Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Menutup pelajaran dan mengucapkan salam.
|
Kegiatan
Akhir:
· Menyimpulkan perbedaan
ikatan ion dan ikatan kovalen bersama guru.
·
Mendengarkan instruksi guru.
·
Mendengarkan guru
·
Menjawab salam
|
3 menit
|
I.
MEDIA, ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR:
1.
Media
a.
Video animasi ikatan ion dan ikatan kovalen
b.
Power point
2.
Alat dan Bahan
a. Papan tulis
b. Spidol
c. Penghapus
d. LCD
3.
Sumber Belajar
Buku kimia SMA kelas X
J.
PENILAIAN
1.
Afektif
Terlampir
2.
Kognitif
Terlampir
Yogyakarta,
12 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala SMA Sunan
Kalijaga Guru Mata Pelajaran
Jamil Suprihatiningrum M.Pd
Hendra Budi G. S.Pd, Si
NIP. NIP. 11670018
0 komentar:
Posting Komentar