Minggu, 09 September 2012

Tokoh Kimia


JABIR IBN HAYYAN

Siapakah Jabir Ibn Hayyan ?
Jabir Ibn Hayyan merupakan seorang muslim yang berasal dari keturunan bangsa arab walaupun sebagian orang menyebutnya keturunan bangsa Persia yang ahli dibidang kimia, farmasi, fisika, filosofi dan astronomi.
Di abad ke-7 dia telah mampu mengubah persepsi berbagai kejadian alam yang pada saat itu dianggap sebagai sesuatu yang tidak dapat diprediksi menjadi sains yang dapat dimengerti dan dipelajari oleh manusia. Penemuan-penemuan di bidang kimia juga menjadi landasan bagi perkembangan ilmu kimia dan tenik kimia modern saat ini.
Di bidang kimia, dia telah menemukan berbagai macam senyawa seperti asam klorida, asam nitrat dan asam asetat. Dia juga menemukan beberapa tehnik yang sering digunakan dalam kimia seperti teknik distilasi, kristalisasi, kalsinasi, sublimasi dan penguapan serta menemukan larutan aqua regia untuk melarutkan emas yang dihasilkan dari penggabungan antara asam klorida dan asam nitrat.
Pada abad pertengahan, penelitian-penelitiannya tentang kimia diterjemahkan ke bahasa latin dan dijadikan sebagai buku teks standar oleh para ahli kimia di Eropa. Adapun beberapa karyanya seperti, kitab al-kimya (The Book of the Composition of Alchemy), kitab al-sab’een, kitab al-rahmah, kitab al-taimi, kitab al-zilaq al-sharqi, book of the kingdom, book of eastern mercury dan book of balance.


“The first essential in chemistry, is that you should perform practical work and conduct experiments, for he who performs not practical work nor makes experiments will never attain the least degree of mastery.”


0 komentar:

Posting Komentar