Perencanaan desain proses
Pembelajaran KIMIA
Oleh: Asih Widi W, M.Pd
Kuliah Teknologi Pembelajaran Kimia
Desain
pembelajaran kimia yang ditawarkan dalam artikel ini secara teoritis dilandasi
oleh konsep tentang pembelajaran kimia dan pedagogi kimia dalam hal ini
meliputi Hakikat kimia, teori belajar kimia, dan model-model pembelajaran kimia.
Penyiapan
strategi dan kondisi pembelajaran kimia serta media dan sumber belajar kimia,
menuntut penyesuaian antara presentasi atau penyajian bahan ajar kimia dengan
kebutuhan belajar peserta didik. Sinkronisasi keduanya akan dapat memberikan
pengalaman belajar yang dapat membantu
peserta didik memahami pengetahuan kimia dengan baik dan benar. Optimalisasi
pemberian pengalaman belajar memperhitungkan teori-teori belajar oleh ahli
psikologi untuk mengetahui karakteristik peserta didik dan prakonsepsinya, classroom management dalam bentuk model
pembelajaran yang sesuai dengan materi kimia, karakteristik materi kimia yang
akan diajarkan serta efek pengiring (nurturant
effect) dan efek pembelajaran (instructional
effect) dalam membentuk karakter peserta didik.
Menurut
Gagne (1992), Instructional system design
is the systematic process of planning instructional systems, and instructional
development is the process of implementing the plans. Desain proses
pembelajaran kimia ditata sebagai sebuah sistem pembelajaran yang berdasarkan
tujuan yang telah direncanakan. Proses
penataan sistem pembelajaran dalam suatu model pembelajaran konsep kimia akan
berbeda dengan konsep yang lain. Pendekatan dalam merancang proses pembelajaran
kimia yang di adaptasi dari Dick and Carey dapat dilihat pada gambar 1.2.
Desain
sistem pembelajaran yang diberikan dalam artikel ini sebagai acuan seorang guru
kimia dalam melaksanakan proses pembelajaran. Fungsi sebagai acuan disini
berarti membuka kesempatan seluas-luasnya bagi guru-guru kimia untuk
pengembangan desain instruksional lebih lanjut. Hal ini berpedoman bahwa
seorang guru mempunyai karakteristik tertentu dalam melaksanakan suatu proses
pembelajaran serta karakteristik peserta didik yang beragam.
Perencanaan
desain pembelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2013 akan sedikit berbeda
dengan pelaksaan kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan
pola pembelajaran yang telah ada.
Menurut Permen No 69 Tahun 2013 Tentang
Kurikulum SMA-MA terdapat penyempurnaan pada aspek:
1.
Paradigma
teacher center menjadi student center;
2.
pola
pembelajaran satu arah (Guru ke peserta didik) menjadi pola pembelajaran
interaktif (Guru, peserta didik, masyarakat, lingkungan alam, dan sumber
belajar yang lain);
3.
pola
pembelajaran terisolasi (di kelas) menjadi pembelajaran jejaring (peserta didik
dapat belajar dari siapa saja dan dimana saja);
4.
pola
pembelajaran pasif menjadi aktif (aktif mencari atau inquiry/ attaining concept);
5.
pola
belajar sendiri menjadi kelompok (berbasis tim);
6.
pola
pembelajaran alat tunggal menjadi pola pembelajaran berbasis multimedia;
7.
Pola
pembelajaran berbasis massal menjadi menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan
potensi khusus yang dimiliki oleh setiap peserta didik;
8.
pola
pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (Monodisclipline)
menjadi ilmu pengetahuan jamak (Mulitidisciplines);
9.
pola
pembelajaran pasif manjadi pembelajaran kritis.
Penyempurnaan dalam kurikulum 2013
merupakan acuan yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seorang guru kimia
SMA dalam merencanakan pembelajaran kimia.
Tugas: Buatlah skema rancangan
desain pembelajaran kimia (materi kimia kelas X)
Identifikasi
Tujuan Pembelajaran kimia
|
Analisis
Langkah-langkah proses Pembelajaran kimia
|
Identifikasi
karakteristik awal peserta didik
|
Menulis
unjuk kerja peserta didik secara objektif
|
Pengembangan
kategori, Referensi, aitem asesmen
|
Pengembangan
strategi dan media pembelajaran kimia
|
Pengembangan
dan pemilihan materi pembelajaran kimia
|
Desain
dan langkah-langkah asesmen formatif
|
Desain
dan langkah-langkah asesmen sumatif
|
Perbaikan
Pemb. kimia
|
Gambar 1.2.
Pengembangan suatu Sistem Desain Pembelajaran Kimia
(Adaptasi dari W.Dick & I.Carey)
Daftar Pertanyaan Untuk
Kelompok
1. Apakah
landasan teoritis yang digunakan untuk menyusun desain pembelajaran kimia?
2. Bagaimana
merencanakan strategi pembelajaran dan media atau sumber belajar kimia?
3. Jelaskan
pengertian Instructional system design menurut Gagne?
4. Bagaimana perencanaan pembelajaran kimia menurut
kurikulum 2013?
5.
Jelaskan
skema sistem desain pembelajaran menurut Dick and Carey?
0 komentar:
Posting Komentar