Nama : Hendra Budi Gunawan
NIM : 11670018
Prodi : Pendidikan Kimia
NIM : 11670018
Prodi : Pendidikan Kimia
1.
a. Buku ajar/buku teks adalah buku pelajaran
dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar
dalam bidang itu buat maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang
diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami
oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat
menunjang sesuatu program pengajaran.
Kriteria:
1)
Buku
teks itu haruslah menarik minat, yaitu siswa yang menggunakannya.
2)Buku teks itu haruslah mampu memotivsi kepada siswa yang
memakainya
3)Buku teks itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para
siswa yang memanfaatkannya .
4)Buku teks itu seyogyanyalah mempertimbangkan aspek linguistik,
sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya
5)Buku teks itu isinya haruslah berhubungan erat dengan
pelajaran-pelajaran lainnya;lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya
dengan rencana, sehingga semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan
terpadu
6)Buku teks itu haruslah dapat menstimulasi, merangsang
aktivitas-aktivitas pribadi para siswa yang mempergunakannya
7)Buku teks itu haruslah dengan sadar dan tegas menghindari
konsep-konsep yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat membingungkan
para siswa yang memakainya.
8)Buku teks itu haruslah mempunyai sudut pandang atau point of view
yang jelas dan tegas, sehingga pada akhirnya menjadi sudut pandang para
pemakainya yang setia
9)Buku teks itu haruslah mampu memberikan pemantapan, penekanan
pada nilai-nilai anak dan orang dewasa.
10)Buku teks tersebut haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan
pribadi para siswa pemakainya.
b. Modul adalah bahan ajar
cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta
pembelajaran.
Karakteristik modul:
1)
Self Instructional; yaitu melalui modul tersebut seseorang atau peserta belajar
mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
2)
Self Contained; yaitu seluruh materi pembelajaran dari
satu unit kompetensi atau sub kompetensi
yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh.
3)
Stand Alone (berdiri sendiri); yaitu modul yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan
bersama-sama dengan media pembelajaran lain.
4)
Adaptive; modul hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi
terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.
5)
User Friendly; modul hendaknya bersahabat dengan pemakainya.
c. Handout adalah bahan
tertulis yang siapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan peserta
didik.
Karakteristik:
1. Handout memuat kerangka materi yang mungkin berisikan
pernyataan, definisi, konsep, rumus, dan sejenisnya.
2. Disajikan dalam bentuk pernyataan, daftar, dan diagram.
3. Penyajian informasi hendaknya diringkas, padat, dan mudah
dipahami siswa.
d. LKPD/LKS adalah panduan
peserta didik yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau
pemecahan masalah.
Karakteristik:
1. LKS memiliki soal-soal yang harus dikerjakan siswa, dan
kegiatan-kegitan seperti percobaan atau terjun ke lapangan yang harus siswa
lakukan.
2. Merupakan bahan ajar cetak.
3. Materi yang disajikan merupakan rangkuman yang tidak terlalu
luas pembahasannya tetapi sudah mencakup apa yang akan dikerjakan atau
dilakukan oleh peserta didik.
4. Memiliki komponen-komponen seperti kata pengantar, pendahuluan,
daftar isi, dll.
e. Ensiklopedia adalah sejumlah
tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan
cepat dipahami serta dimengerti
f. Buku pengayaan adalah buku
yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan ipteks dan
keterampilan; membentuk kepribadian peserta didik, pendidik, pengelola
pendidikan, dan masyarakat lainnya.
Karakteristik:
1) Memiliki kesesuaian dengan tujuan pendidikan;
(2) Menyesuaikan dengan perkembangan ilmu;
(3) Mengembangkan kemampuan bernalar.
2.
Edgar Dale, membuat jenjang konkrit-abstrak dengan dimulai dari
siswa yang berpartisipasi dalam pengalaman nyata, kemudian menuju siswa sebagai
pengamat kejadian nyata, dilanjutkan ke siswa sebagai pengamat terhadap
kejadian yang disajikan dengan media, dan terakhir siswa sebagai pengamat
kejadian yang disajikan dengan simbul. Jenjang konkrit-abstrak ini ditunjukkan
dengan bagan dalam bentuk kerucut pengalaman (cone of experiment),
seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:
konkret
0 komentar:
Posting Komentar