Jumat, 07 Juni 2013

Bercanda Penghilang Rasa Malu

Mungkin bagi sebagian orang rasa malu sangat menggangu dalam kehidupannya, apalagi bagi calon seorang pendidik seperti saya (insya allah). Memang banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malu tersebut, salah satunya adalah dengan bercanda.
Bercanda merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikan. Menurut penelitian Prof. Dr, Hendra Budi Gunawan, bercanda dapat menghilangkan rasa takut, rasa malu, mempererat tali persaudaraan antar sesama dsb. Selain itu, apabila dilihat dari segi agama, bercanda dapat mendatangkan pahala. Karena dengan bercanda kita dapat menyenangkan hati orang, baik yang sedang terkena masalah, galau, putus cinta maupun penyakit-penyakit galau yang lainnya. Akan tetapi, dalam bercanda juga ada batasannya, yaitu tidak menyinggung perasaan orang lain.

Kenapa bercanda dapat menghilangkan rasa malu???
Karena dengan bercanda kita dapat mengenal dekat dengan orang lain, sehingga perasaan gugup atau takut bahkan malu dapat sedikit berkurang, namun apabila dilakukan sesuai dengan batasannya. Apabila bercanda dilakukan secara berlebihan, maka akan berakibat fatal, yaitu hilangnya kepercayaan dari orang lain terhadap diri kita, karena mereka sering menganggap orang yang sering bercanda terlihat seolah-olah ucapannya adalah “bohong”.
Apakah kalian percaya???


Don’t try this action in everywhere… ^_^

0 komentar:

Posting Komentar