1. Pengertian
dan karakteristik
a. Buku
teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang menjadi buku
standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk tujuan
intruksional, dilengkapi sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami di
sekolah atau perguruan tinggi untuk menunjang program pengajaran. Karakteristiknya
adalah (1) memiliki landasan keilmuan yang jelas dan mutakhir; (2) berisi
materi yang memadai, bervariasi, mudah dibaca, dan sesuai dengan kebutuhan
siswa; (3) disajikan secara sistematis dan logis; (4) meningkatkan minat siswa
untuk belajar; (5) berisi materi yang membantu siswa untuk memecahkan masalah
keseharian; (6) memuat materi refleksi dan evaluasi diri untuk mengukur
kompetensi yang dipelajari.
b. Modul
adalah bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri
oleh peserta didik , modul juga diartikan alat atau sarana pembelajaran yang
berisi materi, metode, batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara
sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
Karakteristiknya: (1) mampu membelajarkan diri sendiri(self instructional); (2)
seluruh materi dari satu kompetensi terdapat dalam satu modul(self contained);
(3) modul tidak harus digunakan bersama dengan media pembelajaran yang
lain(stand alone ); (4) modul memiliki
daya adaptif tinggi terhadap perubahan ilmu dan teknologi(adaptive); (5) modul bersahabat
dengan pemakainya(user friendly).
c. Handout
adalah uraian bahan ajar yang ada dalam kurikulum atau persiapan mengajar
(GBPP/silabus, SAP/RPP), bisa berupa ringkasan dari bahan terurai yang ada
dalam buku teks. Karakteristiknya adalah (1) padat informasi; (2) dapat
memberikan kerangka pemikiran yang lebih utuh memuat;
(3) disajikan dalam bentuk pernyataan dan diagram.
d. LKPD
adalah panduan peserta didik yang digunakan untuk melakukan kegiatan
penyelidikan atau pemecahan masalah. LKPD dapat berupa panduan latihan
pengembangan aspek kognitif ataupun panduan eksperimen atau demonstrasi. Karakteristik LKPD: (1) memiliki soal-soal yang harus dikerjakan
siswa, dan kegiatan-kegitan seperti percobaan yang harus siswa lakukan: (2) merupakan
bahan ajar cetak; (3) materi yang disajikan berupa rangkuman tetapi sudah
mencakup apa yang akan dikerjakan atau dilakukan oleh peserta didik. 4)
memiliki komponen-komponen seperti kata pengantar, pendahuluan, daftar isi,
dll.
e. Ensiklopedia
adalah buku yang menjelaskan pengertian yang ada pada ilmu pengetahuan, seni,
atau cabang ilmu lainnyake dalam sebuah buku menurut susunan abjad yang terurai
dalam edisi atau jilid. Karakteristik ensiklopedia: (1) adanya artikel (topik),
sub topik; (2) adanya definisi artikel dan diikuti penjelasan umum; (3) adanya
rujukan silang; (4) disusun dan disajikan secara alfabet; (5) adanya indeks.
f. Buku
pengayaan diartikan sebagai buku yang memuat materi yang dapat memperkaya dan
meningkatkan penguasaan ipteks dan keterampilan; membentuk kepribadian peserta
didik, pendidik, pengelola pendidikan, dan masyarakat lainnya. Karakteristiknya:
(1)materi dapat bersifat kenyataan atau rekaan; (2)pengembangan materi tidak
terkait langsung dengan kurikulum atau kerangka dasarnya; (3) materi disajikan
secara popular atau teknik lain yang inovatif; (4) penyajian materi daat berupa
deskripsi, eksposisi, argumentasi, narasi, gambar,dll ; (5) penggunaan media
bahasa atau gambar secara inovatif dan kreatif.
2. Edgar
Dale mengadakan klasifikasi menurut tingkat dari yang paling konkret sampai
yang paling abstrak. Klasifikasi tersebut dikenal dengan kerucut pengalaman
dari Edgar Dale dan dianut secara luas dalam menentukan media, alat bantu serta
alat peraga yang paling sesuai untuk pengalaman belajar secara mudah. Kerucut pengalaman
memberikan gambaran bahwa pengalaman belajar dapat melalui proses perbuatan atau
mengalami sendiri apa yang dipelajari, proses mengamati, dan mendengarkan
melalui media tertentu dan proses mendengarkan melalui bahasa. Semakin konkret
kita mempelajari bahan pengajaran, contohnya melalui pengalaman langsung, maka
semakin banyaklah pengalaman yang diperolehnya. Sebaliknya semakin abstrak kita
memperoleh pengalaman, contohnya hanya mengandalkan bahasa verbal, maka semakin
sedikit pengalaman yang diperoleh.
konkret
3. Media
pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat
merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong
terciptanya proses belajar pada diri siswa. Sedangkan Sumber belajar adalah
segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang berfungsi untuk
membantu optimalisasi hasil belajar. Sumber belajar memiliki cakupan yang lebih
luas daripada media pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa pesan, orang, bahan,
alat, teknik dan lingkungan.
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
BalasHapusAnd getting it set up is as simple as 1 . 2 . 3!
Here is how it all works...
STEP 1. Choose which affiliate products the system will promote
STEP 2. Add some PUSH button traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate system grow your list and upsell your affiliate products all on it's own!
Do you want to start making profits???
Click here to check it out