A.Tugas dan Fungsi Guru
Tugas Guru sebagai
seorang pendidik yang memahami fungsi dan tugasnya, guru khususnya ia dibekali
dengan ilmu keguruan sebagai dasar, disertai pula denganseperangkat latihan
keterampilan keguruan dan pada kondisi itu pula ia belajar memersonalisasikan
sikap keguruan yang diperlukanya. Seorang yang berpribadi khusus yakni ramuan
dari pengetahuan sikap dan keterampilan keguruan yang akan ditrasformasikan
kepada anak didik atau siswanya.
Guru yang memahami
fungsi dan tugasnya tidak hanya sebatas dinding sekolah saja, tetapi juga
sebagai penghubung sekolah dengan masyarakat yang juga memiliki beberapa tugas
menurut Rostiyah(dalam djramah,2000; 36) menemukan bahwa fungsi guru dan tugas guru
prifesional adalah :
1. Menyerahkan
kebudayaan kepada anak didik berupa kepandaian, kecakapan dan
pengalaman-pengalaman.
2. Membentuk kepribadian
anak yang harmonis sesuai cita-cita dan dasar Negara kita pancasila.
3. Menyiapakan anak
menjadi warga Negara yang baik sesuai dengan undang-undangpendidikan yang
merupakankeputusan MPR No. 2 Tahun 1983.
4. Sebagai prantara
dalam belajar.
5. Guru adalah sebagai
pembimbing untuk membawa anak didik kearah dewasaan.
6. Guru sebagai
penghubung antara sekolah dan masyarakat.
7. Sebagai penengak
disiplin. Guru member contoh dalam segala hal, tata tertib dapat berjalan
apabila guru menjalaninya terlebih dahuli.
8. Sebagai administrator
dan manager guru sebagai perencanaan kurikulum.
9. Guru sebagai
pemimpin.
10. Guru sebagai sponsor dalam kegiatan
anak anak.
Seorang guru baru
dikatakan sempurna jika fungsinya sebagai pendidik dan juga fungsi sebagai
pembimbing, dalam hal ini pembimbing yang memiliki sarana dan serangkaian usaha
dalam memajukan pendidikan. Membimbing dalam hal ini dapat dikatakan sebagai
kegiatan menuntun anak didik dalam perkembanganya dengan jelas dalam memberikan
langakah dan arah yang sesuai dengan tujuan pendidikan.
B. Peran
Guru
Peranan guru dalam kegiatan
belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut :
1. Fasilitator
Sebagai fasilitator, guru hendaknya dapat
menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan pembelajaran.
2. Motivator
Sebagai motivator guru hendaknya dapat
mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar.
3. Infomator
Sebagai infomator guru harus dapat memberikan
informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain sejumlah bahan
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diprogamkan dalam kurikulum.
4. Pembimbing
Peran guru yang tidak kalah pentingnya dari
semua peran yang telah disebutkan diatas sebagai pembimbing.
5. Korektor
Sebagai korektor guru harus bisa membedakan
mana nilai yang baik dan buruk.
6. Inspirator
Sebagai inspirator guru harus dapat
membedakan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik.
7. Organisator
Sebagai organisator adalah sisi lain dari
peranan yang diperlukan oleh guru dalam bidang ini memiliki kegiatan
pengelolaan kegiatan akademik.
8. Inisator
Guru harus dapat menjadi pencetur ide-ide
kemajuan dan pendidikan dalam pembelajaran.
9. Demonstrator
Dalam interaksi edukatif, tidak semua bahan
perlajaran anak didik pahami.
10. Pengelolaan
kelas
Guru hendaknya dapat mengelola kelas dengan
baik karena kelas adalah tempat terhimpun anak didik dan guru rangka menerima
bahan pembelajaran dari guru.
11. Mediator
Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan
pemahaman yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk
dan jenisnya baik media non material maupun material.
12. Supervisor
Guru hendaknyadapat membantu memperbaiki dan
menilai secara kritis terhadap proses pembelajaran.
13. Evaluator
Guru dituntut untuk menjadi evaluator yang
baik dan jujur dengan memberikan penilaian yang menyentuh aspek intrinsic dan
ekstrinsik.
0 komentar:
Posting Komentar